Bagaimana Allopurinol Dapat Meredakan Asam Urat?

Asam urat adalah suatu kondisi yang biasanya berkembang pada pria maupun wanita dan bisa menyakitkan dan melemahkan. Asam urat biasanya terjadi karena penumpukan kristal asam urat di persendian, menyebabkan peradangan. Cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan menurunkan kadar asam urat dengan obat-obatan seperti Allopurinol. Penting untuk menjaga tingkat tekanan darah tetap stabil saat minum obat ini juga karena tekanan darah tinggi telah dikaitkan dengan batu ginjal yang berhubungan dengan asam urat.

Asam urat biasanya dimulai ketika tubuh seseorang memproduksi terlalu banyak asam urat atau mengeluarkan terlalu sedikit urin, yang menyebabkan hiperurisemia (kadar asam urat tinggi dalam aliran darah). Kelebihan asam urat mengkristal menjadi kristal monosodium urat seperti jarum, yang sering menyebabkan nyeri sendi yang parah akibat asam urat. Alasan pasti mengapa beberapa orang lebih mungkin mengembangkan hiperurisemia tidak diketahui, meskipun kelebihan berat badan, dehidrasi, dan faktor genetik mungkin berperan.

Asam urat dapat  dengan perubahan gaya hidup (seperti menurunkan berat badan atau mencoba untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi purin), obat-obatan (seperti Allopurinol) dan pilihan pengobatan lainnya. Allopurinol adalah obat yang terutama digunakan untuk mengobati asam urat atau jenis batu ginjal tertentu dengan mengurangi produksi urea dalam tubuh Anda. Urea dibuat ketika protein dari makanan rusak di hati. Mereka yang menderita asam urat cenderung memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah, dan Allopurinol mencegah pembentukan asam urat dengan menghambat Xanthine oxidase. Xantin oksidase adalah enzim yang dibutuhkan untuk produksi purin yang digunakan untuk membuat DNA dan RNA.

Allopurinol diminum secara oral dalam bentuk pil, tetapi seperti obat apa pun, ada beberapa potensi efek samping. Beberapa efek samping Allopurinol yang paling umum termasuk sakit kepala, mual, sakit perut dan kehilangan nafsu makan dengan risiko kerusakan hati yang lebih tinggi daripada obat asam urat lainnya. Namun, Allopurinol telah terbukti dalam berbagai penelitian dapat menurunkan kadar asam urat dan jumlah serangan asam urat jika dibandingkan dengan plasebo.

Allopurinol adalah salah satu obat yang lebih populer untuk mengobati asam urat, suatu kondisi yang sering berkembang pada pria maupun wanita dan bisa menyakitkan dan melemahkan. Allopurinol bisa Anda beli apotek online maupun offline dengan harga Allopurinol 100 mg 1 strip yang cukup terjangkau untuk Anda beli.