4 Tips Memilih Sekolah Internasional untuk Anak, Perhatikan Lingkungannya!

Anda sedang mencari sekolahan internasional untuk si kecil? Pendidikan dari jenjang preschool hingga SMA harus dipersiapkan matang-matang supaya anak mampu bersaing secara global. Meskipun banyak sekolah negeri yang berkualitas, tapi best international elementary school masih jadi pilihan para orangtua untuk jenjang pendidikan si kecil di tingkat SD.

Kurikulum internasional dengan guru-guru yang berkualitas jadi alasan utama kenapa sekolah internasional makin banyak peminatnya. Kendati demikian, jangan mudah percaya dengan embel-embel internasional pada lembaga pendidikan saat ini. Agar tidak keliru dalam memilih sekolah SD, ikuti tips berikut ini.

1. Tentukan Kriteria dan Sesuaikan dengan Kepercayaan Serta Preferensi

Memilih sekolah bukan hanya perkara nilai saja. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh orangtua saat mencari sekolah SD bagi buah hatinya. Dibanding jenjang pendidikan lainnya, SD memiliki masa tempuh yang paling lama. Artinya, anak akan melewati tahapan yang panjang dimana prosesnya dapat mempengaruhi karakter dan cara pandangnya.

Dilansir dari Parenting dan Sehatq, penting untuk menentukan kriteria sekolahan seperti apa yang cocok untuk si kecil. Penentuan kriteria juga harus disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak Anda.

2. Jangan Malas Melakukan Riset

Sesibuk apa pun pekerjaan Anda, jangan pernah melewatkan riset saat mencari sekolahan anak. Riset bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi situs resmi atau sosial media best international elementary school yang Anda incar.

Anda juga bisa mengunjungi blog atau forum di internet untuk mengetahui reputasi sekolahan terkait. Melalui forum online, orangtua siswa biasanya saling berbagi cerita mengenai fasilitas, suasana sekolah, kurikulum, hingga sikap guru-guru.

3. Kuantitas dan Kualitas Pengajar Di Sekolah Internasional

Kualitas dan kuantitas guru jadi faktor pertimbangan selanjutnya dalam memilih sekolah internasional. Dilansir dari Orami, kualitas guru dan metode yang digunakan dalam menyampaikan materi akan menentukan karakter serta kecerdasan si kecil.

Begitupun dengan kuantitas guru yang turut mempengaruhi tingkat penyerapan ilmu. Jumlah guru yang tidak memadai akan membuat anak-anak kurang perhatian. Akibatnya, guru tidak bisa mendeteksi siswa mana yang tertinggal pelajaran dan butuh bimbingan ekstra.

4. Lingkungan, Kurikulum, dan Bahasa

Sekolahan internasional biasanya mengajarkan bahasa asing untuk para siswanya. Bahasa yang digunakan pun tidak selalu sama, ada yang menggunakan bilingual ada pula yang full berbahasa Inggris. Selain soal bahasa, pertimbangkan juga kurikulum, keamanan, dan kenyamanan lingkungan sekolahan agar si kecil bisa belajar dengan optimal.

Selain dengan empat cara di atas, Anda bisa mengajak si kecil mengikuti trial class supaya tidak salah memilih sekolahan. Jika sistemnya cocok dan anak mampu beradaptasi dengan baik, Anda dapat melanjutkannya. Bila tidak, carilah sekolah yang benar-benar sesuai untuk buah hati Anda.